Subsidi/Blt Untuk Gaji Di Bawah 5 Juta
Pada bulan Agustus 2020 ini, BPJS Ketenagakerjaan merencanakan Program Subsidi Gaji Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dengan mengumpulkan data peserta dan Nomor Rekening peserta dengan kriteria upah di bawah Rp 5.000.000,- .
Program ini bisa disebut bantuan 600 ribu dari pemerintah per 4 bulan seperti blt untuk gaji di bawah 5 juta .
Menindaklanjuti surat Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Nomor : S-02/PERPRES02/08/2020 terkait dengan permintaan Kelengkapan Data untuk Kebutuhan Program Subsidi Gaji Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :
- Merajuk peraturan presiden No 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, terdapat salah satu program utama yang direncanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional yaitu Program Bantuan Subsidi Gaji. Program Subsidi Gaji ini bertujuan untuk mempertahankan daya beli dari pekerja penerima upah kebawah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pada mekanisme pelaksaannya program ini diberikan dengan menggunakan basis data dari BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja, terutama data mengenai tenaga kerja aktif yang menjadi target penerima dengan kriteria upah yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan di bawah Rp 5.000.000,-.
- Dikarenakan Program Subsidi Gaji ini ditargetkan untuk dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 ini dan dibutuhkan informasi nomor rekening penerima dalam kurun waktu paling lambat hari Kamis 13 Agustus 2020, dan data tersebut dapat disampaikan melalui petugas kami yang ada di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Terdekat.
- Proses pengumpulan data dan nomor rekening dapat dilakukan melalui cara sebagai berikut :
- Bagi Perusahaan yang sudah menggunakan SIPP maka proses pengumpulan data dan nomor rekening menggunakan SIPP dengan versi yang sudah ditambahkan elemen data dan Nama Bank, Nomor Rekening dan Nama Rekening (perujuk terlampir).
- Bagi perusahaan yang belum menggunakan SIPP maka kantor cabang tersebut akan menyampaikan template data berupa file excel berikut dengan daftar seluruh karyawan dan kemudian dari data tersebut untuk dapat dilengkapi Nama Bank, Kode Bank, Nomor Rekening dan Nama Rekening.